Prosedur Pemulihan Pasca Operasi ACL

0 Comments
operasi ACL

Tindakan operasi ACL pada mereka yang mengalami cedera lutut kasusnya memang sudah sangat banyak sekali. Terutama pada mereka yang profesinya adalah seorang atlet, entah di Amerika maupun Indonesia kasus ini terus saja meningkat. Bahkan di Amerika ada 100.000 sampai 200.000 kasus per tahunnya. Dan kesemuanya butuh operasi ACL.

Cidera lutut biasanya terjadi akibat kamu meloncat dengan lutut lurus secara berlebihan, kemudian saat jatuh posisi tulang betis terdorong hingga ke belakang pada tulang paha. Kondisi ini sering kamu temui jika pemain bola sedang melakukan tackling dengan lawan mainnya. Selain itu bisa juga karena kamu meloncat kemudian mendarat tidak sempurna, pada mereka yang suka berlari dan berhenti mendadak dengan lutut berputar.

Biaya operasi ligamen lutut ini juga tidak murah loh, pada mereka yang ligamennya putus lebih dari satu tentu biayanya bisa sampai ratusan juga. Nah agar kamu bisa pulih dengan cepat selepas operasi yang kamu lakukan, kamu bisa ikuti beberapa saran berikut.

Beberapa Proses Pemulihan yang Disarankan Selepas Operasi ACL

Pemulihan menjadi kunci operasi ACL yang sudah kamu lakukan berhasil atau tidak. Dimana proses ini sejatinya akan membantu kamu untuk aktif lagi seperti sedia kala. Berikut ini beberapa tahapan proses pemulihan dari operasi ACL:

  • Hari Pertama Lanjut Sampai Minggu ke Tiga

Setelah operasi berlangsung maka dua minggu awal kamu harus memininalkan bengkat dan nyeri yang kamu rasakan di sendi lutut. Dengan cara tungkai dielevasi ketika istirahat, gunakan brace untuk mengembalikan mobilitas patella.

Tapi kamu juga bisa latihan fleksi dengan bantuan kursi atau bisa juga dengan tidur tengkurap kemudian memfleksikkan lutut. Kamu boleh juga berjalan menggunakan tongkat tetapi brace tetap terpasang di lutut.

  • Minggu ke Tiga Sampai ke Enam

Kemudian pada minggu ke tiga sampai ke enam kamu bisa mulai belajar jalan dengan bantuan tongkat dan brace terpasang di lutut. Kamu juga boleh latihan tanpa pembebanan yaa.

  • Lanjut Bulan ke Tiga Sampai Enam

Lakukan latihan penguatan otot atau open kinetic change berupa fleksi ekstensi lutut menggunakan pembebanan dan bagian ankle kaki yang bebas bergerak. Kemudian lanjut dengan proprioseptif, dimana jamu jalan memakai satu kaki bergantian, dengan menangkap serta melempar bola dari berbagai arah. Selain itu juga bisa berlari dan melakukan beberapa aktivitas olahraga yang ringan.

  • Lanjut Bulan ke Tujuh Sampai Bulan ke Sembilan

Di bulan ini kamu sudah bisa latihan di tempat yang terbuka dengan latihan yang lebih berat. Kamu boleh melakukan lari di alam terbuka dan olahraga lainnya. Setelah ini barulah kamu bisa aktif olahraga seperti dulu, tapi ingat selalu pemanasan dan berhati-hati setiap latihan ya.

Itulah tadi beberapa tahapan pemulihan yang bisa kamu lakukan setelah operasi ACL. Untuk info biaya operasi ligamen lutut lebih lanjut langsung saja hubungi rumah sakit terkait dan dokter yang kamu pilih yaa.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *